tips lolos seleksi kelengkapan dokumen

tips lolos seleksi kelengkapan dokumen



Lamaran Kerja Ditolak berkali kali? 
Melanjutkan postingan sebelumnya bahwa tahapan pertama pada proses perekrutan tenaga kerja adalah tes kelengkapan administrasi. 

Bagi pencari kerja, seleksi administrasi merupakan pintu awal untuk memperoleh pekerjaan impiannya.
Seleksi administrasi yaitu seleksi surat-surat yang dimiliki pelamar untuk menentukan apakah sudah sesuai dengan persyaratan yang diminta perusahaan, antara lain: surat lamaran, ijazah, umur, status, pengalaman kerja, domisili, sertifikat keahlian, pas foto, fotokopi identitas, surat kesehatan dari dokter, dan akte kelahiran.

Agar lolos seleksi administrasi maka ada beberapa poin yang harus di perhatikan. 

1.Baca Dengan Teliti Persyaratan dan kualifikasi yang di harapkan oleh perusahaan. 

Sebelum kita menyiapkan berkas lamaran kerja. Maka sebaiknya kita perhatikan kualifikasi yang di minta  contoh 
Kualifikasi :
Pria/Wanita
Tinggi badan min. 165cm
Tidak Buta Warna
Tidak Berkacamata
Usia 18 – 20 tahun
Nilai Rata-Rata min. 7.5
Nilai Matematika Persemester min. 7.0
Sehat Jasmani dan Rohani


Jika kualifikasi yang diminta adalah seperti di atas maka kita harus memastikan bahwa kualifikasi kita sama seperti kualifikasi yang di minta. 

2. Lengkapi dokumen yang di minta dengan data terbaru. 

Kamu harus memperhatikan persyaratan administrasi yang memang diajukan perusahaan dengan baik, karena hal seprti ini sangatlah penting untuk kamu lakukan. Tidak hanya harus dilengkapi, namun data-data yang kamu lampirkan haruslah data yang terbaru yang masih berlaku serta kebenaran dan keasliannya dapat dipertanggung jawabkan, seperti surat keterangan dokter, SKCK dan lain-lain.

Untuk SKCK, ijazah di usahakan ada legalisir di dokumen yang di lampirkan. 

3. Penulisan surat lamaran, Curriculum vitae, dan penyajian data lain nya harus menarik. 

Ketika kamu menuliskan surat lamaran, Curriculum vitae. Kamu haruslah menulisnya dengan jelas, menarik untuk dibaca, informatif dan lengkap sesuai dengan pekerjaan yang akan kita apply. 

4. Penyusunan berkas harus sesuai urutan. 

*Curriculum Vitae (CV) 
*Surat Lamaran Kerja
*Ijazah
*Kk
*SKCK
*Surat Keterangan Sehat
*Surat Pengalaman Kerja
*Sertifikat  keahlian atau piagam penghargaan

Untuk KTP dan foto bisa di klip di paling depan. Ukuran fc KTP kecil sesuai ukuran KTP sebenarnya, untuk ukuran foto biasanya ukuran 3x4 dan 4x6.

5.  Tetap berdo'a 😁

“Tidak ada usaha, kekuatan dan upaya selain dengan kehendak Allah.”

Kalaupun kita tidak mendapatkan panggilan kerja maka kita harus berpegang pada firman Allah : 

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)




SMK TUNAS BANGSA